Bagaimana Kondisi Umat Islam saat ini?

Dewasa ini, terdapat setidaknya 70% hingga 80% anak usia sekolah dasar tidak dapat membaca Al-Qur’an. Alasannya beragam, mulai dari ketidaktersediaan tempat belajar, kurikulum mata pelajaran Agama Islam yang semakin dikurangi bobotnya, hingga orang tua yang tidak mengajarkan anak karena tidak dapat membaca Al-Qur’an . Kondisi seperti ini menjadi harusnya menjadi pukulan telak bagi umat Islam. Bahkan tidak semua umat Islam peduli akan kondisi yang seperti ini. Padahal Al-Qur’an adalah mukjizat Rasulullah yang diberikan oleh Allah SWT sebagai pedoman hidup umat manusia. Dan dengan Al-Qur’an pulalah manusia akan selamat menempuh kehidupan di dunia dan di akhirat kelak. Tetapi begitulah kenyataan dan data pada hari ini. Dengan petunjuk dari Allah SWT serta demi mengharap ridha-Nya Yayasan Rumah Quran Al-Fath Indonesia hadir di tengah masyarakat sebagai sebuah yayasan berbasis Al-Qur’an dan As-Sunah, yang didirikan dengan harapan dapat mewujudkan wadah bagi umat Islam bangsa indonesia untuk membumikan prinsip dan nilai Al-Qur’an dalam semua sendi kehidupan melalui penyelenggaraan program pendidikan, sosial kemanusiaan dan lingkungan yang bermanfaat bagi umat.
Berangkat dari data dan kenyataan seperti inilah kami dari Yayasan Rumah Quran Al-Fath Indonesia berdiri dan konsisten demi mengokohkan kembali nilai-nilai Quran ke tengah-tengah umat. Kami sadar ini tidaklah hal yang mudah untuk dilakukan, mengingat perkembangan zaman yang kian hari kian menjauhkan umat dari nilai-nilai Ilahi. Tapi yang kami tahu pasti pertolongan Allah SWT akan datang jika kami berikhtiar dan bertawakal kepada-Nya. Pada Al-Qur’an surat Muhammad ayat 7, Allah SWT berkata, Wahai orang-orang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. Inilah yang membuat kami yakin untuk tetap istiqomah dalam menjalankan misi yayasan ini.
Saat ini Yayasan Rumah Quran Al-Fath Indonesia memiliki Program-Program penunjang sebagai berikut; Privat Quran Gratis, Taman Quran Al-Fath, Pondok Yatim & Dhuafa, Tabungan Qurban (ITIQAF), Program Kajian & Training, dan YRQ-FI Peduli (Bidang Kemanusiaan). Tentunya kami terus akan melakukan pengembangan dan peningkatan kualitas dan kuantitas atas izin Allah SWT dan mengharap ridha-Nya seperti membangun Pondok Pesantren Tahfidz Al-Fath, membangun Masjid Jami’ Al-Fath, Klinik Kesehatan Al-Fath, dan lainnya.
Sejatinya mempersiapkan generasi anak-anak bangsa yang memiliki nilai-nilai keislaman yang kaffah adalah tugas setiap muslim, namun untuk mewujudkan tugas tersebut dibutuhkan banyak potensi untuk saling bersinergi agar mencapai hasil yang maksimal.

Apa harapan kami?

Harapan kami, yakni misi Yayasan Rumah Quran Al-Fath Indonesia yang mana harapan kita semua, adalah kembalinya nilai-nilai Qurani pada umat Islam, dan nilai-nilai tersebut dapat kokoh pada generasi pelanjut masa depan umat Islam kelak. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan pertolongan dan me-ridhai perjalanan kami dan umat Islam.